Imaginary Friend

Blog berisi review makeup & skin care dan juga pengalaman traveling ke Jepang, Singapore, dll.

Jerawat udah ilang, tapi menimbulkan bekas? Padahal untuk mengurangi jerawat aja udah effort banget, ya. Tapi teman-teman semua jangan khawatir, berikut aku akan share cara mengatasi bekas jerawat berdasarkan pengalamanku sendiri. Walau kulitku bukan jenis yang berjerawat tapi di saat-saat tertentu jerawat suka muncul dan gak jarang setelah menghilang, mereka meninggal bekas yang cukup menganggu.



Jerawat bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Ada yang faktor hormon, makanan yang dikonsumsi, gak cocok dengan skin care atau makeup dan faktor lainnya. Siapa sih yang kepengen kulitnya flawless tanpa noda di wajah? Setelah berjuang menghilangkan jerawat,  kita masih harus berjuang menghilangkan bekasnya. Kadang bekas jerawat berwarna merah atau bahkan menghitam.


Begitu juga dengan bekas jerawat, untuk bekas yang tidak diakibatkan dari jerawat yang iritasi, biasanya ukurannya kecil dan mudah hilang. Warnanya pun gak terlalu berbeda dengan kulit. Berbeda dengan bekas jerawat karena kulitnya teriritasi atau gara-gara jerawatnya dipencet. Warnanya pasti merah dan membengkak, bahkan bisa menimbulkan noda dengan ukuran besar dan menghitam akhirnya. Yuk, simak beberapa cara menghilangkan bekas jerawat di bawah ini:


1. Jangan memencet jerawat

Jika kamu berjerawat, jangan sentuh dengan tangan, kecuali tangan kamu udah bersih. Selain itu saat menyentuh wajah pastikan hanya untuk mengaplikasikan skin care atau obat jerawat. Kenapa sih kita gak boleh menyentuh jerawat? Karena tangan kita tuh banyak banget bakteri dan kotoran yang bisa menyebabkan iritasi ke jerawat tersebut. Nah, Kalau menyentuh aja gak boleh, apalagi memencet jerawat. kebayang kan iritasi dan infeksi yang bisa disebabkan oleh perilaku buruk ini.



 

2. Gunakan Tamanu Oil

Jika jerawat sudah hilang, teman-teman bisa gunakan tamanu oil di bekas jerawat. jadi bisa ditotol aja. Aplikasikan secara rutin setiap malam sebelum tidur. Kamu bisa gunakan cotton bud saat mengaplikasikan tamanu oil. Terbukti membantu menghilangkan bekas jerawat, ini udah aku coba selama 3 tahun terakhir dan masih aku lakukan sampe sekarang. Tamanu oil sendiri terbuat dari kacang tamanu (Calophyllum inophyllum) yang punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satu manfaat tamanu oil adalah dapat membantu regenerasi kulit dan juga memulihkan bekas luka dengan membantu merangsang pembentukan sel baru.




3. Gunakan Brightening serum

Untuk perawatan di pagi hari, teman-teman bisa gunakan brighthening serum. Cara mengaplikasikannya sama dengan tamanu oil, jadi cukup ditotol sedikit di bekas jerawat. Jadi untuk perawatan wajah di pagi hari, aku gak cuci muka pakai sabun. Cukup dibasuh dengan air, lalu gunakan kapas dengan toner dan pakai serum. Kamu harus lakukan ini secara rutin juga ya, agar hasilnya juga terlihat lebih cepat. Pastikan serum yang kamu gunakan aman bagi kulit dengan terdaftar di BPOM ya!






4. Gunakan Sunscreen

Setelah menggunakan brightening serum, jangan lupa moisturizer dan yang paling penting adalah sunscreen. Tanpa sunscreen, semua usaha kita untuk menghilangkan bekas jerawat akan sia-sia. Karena biasanya bekas jerawat yang menghitam disebabkan oleh sinar matahari. Oleh karena itu wajib hukumnya untuk menggunakan sunscreen. Jika kamu beraktivitas yang banyak terpapar sinar matahari, pastikan untuk re-apply sunscreen tiap 3 jam, ya!

 



Nah itu tadi 4 cara menghilangkan bekas jerawat yang sudah aku buktikan sediri selama bertahun-tahun. Kamu bisa coba dari sekarang. Ingat, kuncinya adalah bersabar karena harus rutin.  Kalau kamu mau cara yang cepat bisa pergi ke klinik dokter kecantikan dan coba treatment dengan laser.

BACA JUGA REVIEW PICO DERMA BY DERMASTER ID


Disclaimer

I personally tested every product and give my very honest opinion based on my personal experienced. I put additional disclaimer in each sponsored post.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib