Imaginary Friend

Blog berisi review makeup & skin care dan juga pengalaman traveling ke Jepang, Singapore, dll.

Kemarin aku datang ke Japan Travel Fair 2018 di Kota Kasablanka. Jadi gak sabar banget mau ke Jepang lagi. Kalo lagi jalan-jalan ke Jepang, salah satu tempat yang wajib banget dikunjungi adalah onsen. Aku udah pernah sekali dan ketagihan banget! Di bawah ini ada tips berkunjung ke Onsen di Jepang.

tips berkunjung ke onsen di jepang
Sumber gambar Boooking.com



Apa itu Onsen?

Onsen adalah pemandian air panas ala Jepang. Mungkin kamu yang suka nonton film Jepang atau anime pernah lihat deh. Ada onsen yang indoor ada juga yang outdoor. Biasanya onsen gabung dengan ryokan (semacam penginapan), tapi ada juga yang terpisah. Kalo alu pernah coba yang terpisah di daerah Osaka.

TIPS BERKUNJUNG KE ONSEN DI JEPANG
Sumber gambar Contented Traveller

Simak beberapa tips berkunjung ke Onsen di Jepang di bawah ini:

1. Gak boleh pake baju


Jangan kaget kalo datang ke Onsen pas udah masuk ke bagian dalamnya, semua orang pada telanjang alias gak pake baju sama sekali. Karena memang sudah peraturan begitu dan di dalam onsen memang wajar tidak memakai baju. Di bagian depan onsen ada loker untuk menyimpan baju dan barang-barang pribadi kamu lainnya. Masuk ke dalam onsen bawa handuk tapi gak dipakai. Nantinya handuk bisa dipakai di kepala.

2. Harus mandi dulu

TIPS BERKUNJUNG KE ONSEN DI JEPANG
Sumber gambar Tripadvisor


Jadi, sebelum berendam di dalam kolam onsen, kamu wajib mandi dulu. Ada tempat khusus untuk mandi. Biasanya ada sabun, shampoo dan peralatan mandi lainnya disediakan. Ada shower dan semacam gayung juga. Kamu tinggal bawa handuk, kalo gak bawa bisa sewa.

3. Rambut harus diikat 


Khusus untuk kamu yang berambut panjang harus diikat ya rambutnya. Pokoknya rambut gak boleh masuk ke dalam kolam pemandian onsen. Ini selama berendam di dalam kolam pemandian onsen, pas mandi mau keramas juga boleh kok.

4. Tidak boleh bertato

TIPS BERKUNJUNG KE ONSEN DI JEPANG
Sumber gambar Kotaku


Hampir semua onsen tidak memperbolehkan pengunjungnya memiliki tato. Mungkin karena tato identik dengan yakuza. Di Jepang, Yakuza itu gak main-main bukan bahan untuk bercanda kayak di Indonesia main asal sebut Yakuza. Anggota Yakuza biasanya memiliki tato di bagian punggung. Beberapa pengunjung mungkin akan merasa gak nyaman, makanya dilarang memiliki tato kalo ke onsen. Walopun gak semua onsen sih.

5. Gak boleh foto atau merekam video

Ini jelas dilarang banget, soalnya kan pengunjungnya semuanya telanjang. Walopun di area onsen yang bukan untuk orang buka baju, juga gak boleh selfie. Seperti yang udah aku sebutin di atas, kalo ada loker yang gunanya untuk menyimpan barang pribadi kamu termasuk hp atau kamera.

TIPS BERKUNJUNG KE ONSEN DI JEPANG
Ini onsen yang aku pernah kunjungi di Osaka, namanya Naniwa no yu. Sumber gambar Tripadvisor


Mungkin setelah baca 5 tips berkunjung ke Onsen di Jepang,kamu adi ragu untuk berendam di onsen. Tapi aku jamin, kamu bakal nyesel gak nyobain onsen. Alasannya karena badan kamu jadi rileks banget, rasanya kayak abis spa gitu. Kalo ke Jepang lagi, nah pastikan kamu mampir berendam di onsen kalo ke Jepang!

Disclaimer

I personally tested every product and give my very honest opinion based on my personal experienced. I put additional disclaimer in each sponsored post.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib