Imaginary Friend

Blog berisi review makeup & skin care dan juga pengalaman traveling ke Jepang, Singapore, dll.

Long weekend kemarin kamu kemana? Kalo aku dan keluarga pergi ke Cirebon. Udah niat mau berkunjung ke Keraton Kasepuhan Cirebon. Yang penasaran bisa langsung baca pengalaman jalan-jalan ke Keraton Kasepuhan Cirebon selengkapnya di bawah Ini.


Jendela Keraton Kasepuhan Cirebon yang instagramable
Biaya masuk perorang Rp 15.000 cukup murah menurutku. Sama seperti kalo datang ke Keraton Jogja, di bagian depan pasti banyak guide yang nawarin nemenin sambil ngejelasin tentang keraton cirebon. Biaya untuk guide di Keraton Kasepuhan Cirebon seikhlasnya, biasanya aku kasih Rp 50.000. Oiya, selain dikasih informasi lengkap, guide jg fotoin kita terus lho.
2 patung macam di bagian depan keraton yang melambangkan 2 raja

Bangunan utama


Bangunan utama Keraton Kasepuhan Cirebon
Aku baru tau dari guide kalo keraton tertua di pulau Jawa itu, Keraton Kasepuhan Cirebon. Jadi, Keraton Kasepuhan Cirebon itu dipimpin oleh Prabu Siliwangi atau Sunan Gunung Jati. Sedangkan, adiknya memimpin Keraton Kanoman. Di dinding bangunan utama keraton, banyak ditempel keramik dari Eropa. Gambarnya ada bermacam-macam, unik bgt!



Terus juga ada silsilah keturunan Keraton Kasepuhan Cirebon. Ternyata Prabu Siliwangi itu keturunan Arab. Makanya Keraton Kasepuhan adalah Kesultanan atau kerajaan Islam.


Sayangnya, pengunjung gak bisa masuk ke dalam bagunan utama, padahal dulu boleh. Menurut guide banyak pengunjung yang gak bertanggung jawab dan merusak. Kesel banget deh, jadi cuma bisa ngintip dari pintu kaca aja.

Bagian dalam bangunan utama Keraton Kasepuhan Cirebon

Museum Pustaka Keraton Kasepuhan

Lukisan Prabu Siliwangi (ini berdasarkan mimpi)
Nah, salah satu gedung di keraton, ada Museum Pustaka Keraton Kasepuhan. Biaya masuk ke dalam Museum Pustaka Keraton Kasepuhan Rp 25.000 per orang. Museumnya dingin dan nyaman, isinya ada kereta kencana yang super keren banget!! Gak lebay, tapi memang sudah diakui dunia, kalo kereta kencana di  Museum Pustaka Keraton Kasepuhan adalah yang terindah dan tercanggih.

Singa Barong, kereta kencana Keraton Kasepuhan Cirebon

UNESCO menetapkan Singa Barong (nama kereta kencana ini) sebagai kereta kencana tercantik karena desain yang unik. Bagian sayap dan lidahnya bergerak saat kereta berjalan. Desainnya juga perpaduan beberapa etnis di Cirebon saat itu (Timur tengah, China, India dan Indonesia). Rodanya bisa berputar 90 derajat, pada jaman itu teknologi ini termasuk canggih banget lho!.


Ada banyak harta rampasan perah juga, salah satu yang paling keren, ada baju zirah Portugis. Ini asli dipakai perang saat itu, keren banget ya! Selain itu ada banyak jenis-jenis senjata juga, ada pedang, tombak dan meriam.


Kesimpulan


Aku suka banget sejarah, apalagi tentang kerajaan di Indonesia. Jadi aku seneng banget datang ke Keraton Kasepuhan Cirebon, apalagi liat kereta kencananya. Untuk biaya Rp 40.000 cukup puas, cuma agak kecewa gak bisa liat bagian dalam bangunan utama di keraton. Oiya, saranku datangnya jam 10 pagi aja, soalnya kalo siang menjelang sore, gak kerasa tiba-tiba udah jam 4 sore dan saatnya para guide pulang. Jadi kemarin aku datang jam setengah 3, kayak cepet banget gitu lho. Keraton Kasepuhan Cirebon buka jam 8 pagi kok. Kalo nanti ada kesempatan ke Cirebon lagi, mau banget ke Keraton Kanoman Cirebon. Nah, kamu udah pernah jalan-jalan ke Keraton Kasepuhan Cirebon?

Disclaimer

I personally tested every product and give my very honest opinion based on my personal experienced. I put additional disclaimer in each sponsored post.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib