Imaginary Friend

Blog berisi review makeup & skin care dan juga pengalaman traveling ke Jepang, Singapore, dll.

Hai, akhirnya aku bisa nulis pengalaman aku jalan-jalan ke Jepang tahun 2018 ini. Aku akan mulai dengan jalan-jalan ke Kyoto yang wajib banget kamu kunjungi kalo liburan ke Jepang. Sebelum kamu berangkat liburan ke Jepang, baca dulu 10 things to do in Kyoto di bawah ini.


Kyoto adalah kota terindah yang pernah aku kunjungi di Jepang, makanya wajib banget jalan-jalan ke Kyoto. Letaknya berdekatan dengan kota Osaka. Kalo kamu dari Tokyo, bisa naik kereta atau bis untuk jalan-jalan ke Kyoto. Jadi, ini ke 2 kalinya aku liburan ke Kyoto, kali ini aku cuma punya waktu 1 hari aja. 10 things to do in Kyoto berikut ini bisa kamu lakukan dalam waktu 1 - 2 hari saat liburan ke Kyoto.

1. Mengunjungi Kuil

Kyoto identik dengan kuil, di mana-mana ada kuil. Beberapa yang paling terkenal adalah Fushimi Inari dan Kiyomizudera. 2 kuil ini wajib kamu kunjungi saat liburan ke Kyoto, tapi saranku lebih baik ke Fushimi Inari aja, lebih bagus untuk foto-foto. Kalo mau ke kuil, berangkatnya harus pagi-pagi karena tutupnya sore dan harus jalan kaki sekitar 10 -15 menit dari stasiun atau halte bis. Selain itu, kalo udah siang bakal rame banget di sana, jadi susah untuk foto-foto.

10 things to do in Kyoto
Kiyomizudera Temple
10 things to do in Kyoto
Baca juga: Jalan-jalan ke Fushimi Inari Itasha


2. Menulis permohonan di Kuil 

Di kuil kamu bisa berdoa, mengambil ramalan dan menulis permohonan. Biasanya permohonan akan digantung di tempat yang tersedia di kuil. Untuk menulis permohonan kita harus membayar sekitar 500 yen sebagai harga papan permohonan. Kali ini aku berkunjung ke kuil kecil yang lagi hits di antara anak muda di Jepang, namanya Yasaka Koshin-do. Ini kebetulan banget ketemu pas lagi searching di Google. Ternyata Yasaka Koshin-do ini instagramable menurut anak muda Jepang, karena papan permohonana yang berbentuk bantal kecil warna-warni. Jadi unik dan menarik banget jadi background foto saat liburan ke Kyoto.

Albert & Chintia (couple - temen yang ikut traveling bareng)

3. Beli oleh-oleh

Biasanya di sisi jalan sepanjang perjalanan sampai ke Fushimi Inari atau Kiyomizudera, ada banyak toko yang menjual oleh-oleh. Mulai dari pernak-pernik khas Jepang, seperti kipas dan peralatan makan sampai kaos dan makanan khas Kyoto. Harganya pun bervariasi, kecuali makanan. Biasanya harga makanan dijual dengan harga yang sama. Oiya, kalo belanja di Jepang gak bisa nawar ya, harga memang udah fix segitu.

Sumber gambar: Matcha


4. Sewa Kimono

Untuk kamu yang mau lebih merasakan sensasi jalan-jalan di Kyoto, bisa menyewa kimono. Banyak banget toko sewa kimono di Kyoto yang bisa kamu temukan. Harganya juga bervariasi, dimulai dari sekitar 2500 yen. Kamu juga bisa di-styling rambutnya dengan membayar biaya tambahan. Di sini banyak banget turis yang pakai kimono, gak cuma turis ternyata orang Jepang juga pakai kimono untuk ke kuil, tapi kayaknya karena masih musim panas sih waktu aku ke sana.

10 things to do in Kyoto sewa kimono

5. Jalan-jalan di Gion

Kalo lagi liburan di Kyoto wajib banget ke Gion, area yang terkenal di Kyoto. Jika kamu beruntung, bisa ketemu Geisha di sini. Selain itu, di Gion banyak banget tempat bagus untuk foto-foto. Kamu mungkin akan bertemu banyak fotografer di sini. Salah satu tempat yang aku rekomendasikan, yaitu Shirakawa River. Kalo lagi musim semi, dikelilingi oleh pohon sakura. Daerah ini lumayan sepi turis sih, mungkin ramai kalo lagi musim semi saat ada bunga sakura.

gion Shirakawa River


6. Makan Ramen Ayam

Kalo biasanya bahan dasar ramen itu kaldu babi, di Kyoto ada ramen berbahan dasar kaldu ayam dan dihidangkan dengan daging ayam. Sebenarnya aku gak sengaja makan di sini, karena udah laper banget pas turun dari bis mau ke jalan-jalan ke Gion. Lokasinya bener-bener dekat dengan halte bis Gion dari Kyoto Station. Harganya sekitar 700 yen dan enak banget!! Tempatnya kecil tapi nyaman, ada toiletnya juga. Yang punya tempatnya sama pelayanannya juga ramah. Sayangnya aku gak tau namanya soalnya tulisannya pakai kanji, jadi gak bisa baca :(

Ramen ayam di Kyoto

7. Makan atau minum Matcha

Kyoto terkenal dengan matcha atau teh hijau. Jangan heran kalo banyak yang jual makanan atau minuman berbahan dasar matcha. Kamu wajib beli dan nyobain matcha saat liburan ke Kyoto. Dijamin ketagihan, aroma dan rasanya sulit dijelaskan dengan kata-kata. Yang pasti enak dan seger banget!! 



10 things to do in Kyoto eat drink matcha
Sumber gambar: Moshimoshi Nippon

8. Ambil banyak foto

Seperti yang aku udah jelaskan di atas, kalo Kyoto itu kota yang indah banget. Pastikan kamu bawa kamera saat jalan-jalan ke Kyoto, karena bakal nyesel banget kalo gak ambil banyak foto di sini. Salah satu tempat yang aku sarankan adalah Ninenzaka, jalan yang melewati tangga di mana kamu bisa melihat bangunan tradisional Jepang dengan latar langit Kyoto. Kayaknya kalo pakai kimono fotonya jadi bakal lebih bagus deh :D

Baca juga: Jalan-jalan ke Universal Studios Japan

9. Minum kopi di Starbucks Kyoto

Di Ninenzaka, ada Starbucks yang wajib kamu kunjungi. Yang unik dengan Starbuck di Kyoto ini adalah bangunan yang dibuat seperti rumah tradisional Jepang. Benar-benar unik dan feel-nya bakal beda banget. Jadi, kamu duduk di tatami gitu alias lesehan.

10 things to do in Kyoto
10 things to do in Kyoto
Sumber gambar: Matcha

10. Mengunjungi Arashiyama

Arashiyama adalah hutan bambu, another instagramable place. Letak Arashiyama agak jauh, kalo ke sana paling cepat naik kereta JR. Sayangnya ketika aku ke Kyoto baru terjadi typhoon besar, jadi Arashiyama agak rusak. Petugas di Kyoto station pun tidak terlalu menyarankan ke sana.

10 things to do in Kyoto
Sumber gambar: Inside Kyoto

Nah itu tadi 10 things to do in Kyoto. Seru banget deh, kamu bakal punya banyak foto-foto kece juga. Kira-kira mana yang paling bikin kamu penasaran mau coba?  Jadi pastikan kamu ke Kyoto saat jalan-jalan ke Jepang.

Disclaimer

I personally tested every product and give my very honest opinion based on my personal experienced. I put additional disclaimer in each sponsored post.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib